KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE PRINTING DIGITAL

Digital Printing adalah sebuah metode cetak yang berasal dari file/gambar berbasis digital yang kemudian bisa langsung dicetak pada berbagai media dalam waktu yang lebih singkat dan cepat. Dibanding dengan metode printing offset, metode printing digital memerlukan waktu yang lebih singkat dikarenakan output cetak bisa langsung dihasilkan dari mesin cetak itu sendiri dan tidak seperti metode offset yang harus melalui proses pembuatan film/plat.

Selain kelebihan dari segi waktu, metode cetak digital juga memiliki kelebihan yang lain seperti:

1. Proses produksi jauh lebih sederhana / tidak terlalu banyak langkah yang perlu dilalui sehingga bisa dilakukan oleh pemula sekalipun

2. Biaya yang jauh lebih murah apabila jumlah cetakan sedikit

3. Tenaga kerja yang diperlukan tidak banyak

Setiap metode cetak pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, begitupun metode cetak digital yang juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut.

1. Biaya yang jauh lebih mahal apabila memerlukan jumlah cetakan yang banyak

2. Hasil warna digital printing tidak bisa terlalu konsisten dan tingkat ketajaman warna tidak bisa menyamai hasil dari metode cetak offset

3. Jenis kertas yang bisa dipergunakan lebih sedikit

Metode cetak digital sendiri banyak dipergunakan untuk mencetak kebutuhan media promosi seperti spanduk, x-banner, banner, event desk, dsb. Bahan flexi China dan flexi Korea juga menjadi salah satu bahan yang paling sering digunakan karena harganya yang cukup terjangkau dan kualitas bahan yang cukup memadai untuk kebutuhan media promosi pada umumnya.

https://www.freepik.com/free-vector/business-roll-up-with-circular-shapes_971179.htm

Source: Wikipedia, Freepik

RECENT POSTS

ARCHIVE