TIPS MEMILIH SUPPLIER PRINTING YANG TEPAT


Kebutuhan akan produk percetakan tidak bisa dihindari menjadi kebutuhan wajib bagi perusahaan ataupun perorangan. Perusahaan besar, menengah, kecil, hingga perorangan pasti membutuhkan produk percetakan baik untuk kebutuhan produksi, kebutuhan internal, kebutuhan promosi, dsb. Kebutuhan produk percetakan ini tentu saja dibarengi dengan kebutuhan akan supplier percetakan yang memiliki tidak hanya kualitas produk baik tetapi juga kinerja yang sama-sama memiliki kualitas baik dan dapat diandalkan.

Berikut ini beberapa tips atau beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih supplier percetakan yang tepat.

Kecepatan supplier dalam menanggapi kebutuhan dari customer

Ketika waktu yang dimiliki sangat sempit, supplier percetakan yang dapat memberikan response cepat ketika dihubungi oleh customer merupakan salah satu hal yang penting. Kecepatan response tidak selalu tentang kalkulasi harga tetapi juga saat supplier tersebut selalu ada untuk menjawab setiap pertanyaan ataupun kesulitan yang dialami oleh customer.

Kemampuan supplier dalam menyelesaikan sebuah proyek

Tidak semua supplier percetakan dapat melakukan proses produksi dengan baik, hal ini tentu saja baru bisa disimpulkan ketika anda sudah memiliki hubungan kerjasama setidaknya 1-2 kali untuk mengetahui hal ini. Tetapi hal ini sebenarnya sedikit banyak bisa diketahui sejak tahap awal produksi dari bagaimana supplier tersebut memberikan penjelasan tentang produk, menjawab semua pertanyaan anda seputar produksi, dsb.

Tanggapan supplier saat masalah timbul

Masalah dalam proses produksi adalah sesuatu yang terkadang tidak bisa dihindari termasuk di dalam proses produksi percetakan. Tetapi dari semua masalah yang ada, tanggapan supplier terhadap masalah tersebut merupakan sesuatu yang menentukan apakah masalah ada bisa terselesaikan atau tidak. Budaya penyelesaian masalah yang baik yang dimiliki oleh supplier dibarengi dengan keterbukaan customer terhadap masalah tersebut merupakan jalan yang tepat untuk menemukan solusi yang terbaik.

Harga tidak selalu yang paling penting

Harga memang salah satu yang menjadi perhatian dari seseorang dalam memilih rekanan percetakan tetapi bukan berarti harga menjadi yang utama dalam memilih rekanan percetakan anda. Ada kalanya anda sebagai customer harus "curiga" apabila harga yang diberikan oleh salah satu supplier teramat rendah jauh dibanding supplier yang lain. Jomplangnya harga yang terlalu jauh biasanya akan disertai dengan masalah di masa depan seperti bahan yang tidak sesuai, kualitas produk yang tidak tepat, kinerja yang buruk, dsb. Supplier yang baik adalah supplier yang lebih mementingkan hubungan kerjasama jangka panjang dibanding dengan yang "kasih harga semurah mungkin yang penting bisa jualan".

Semoga artikel ini dapat menjadi bekal bagi anda yang sedang kesulitan untuk menemukan rekan supplier jangka panjang yang tepat. Sungrafika adalah salah satu supplier percetakan yang dapat anda jadikan referensi dilihat dari pengalaman dan fasilitas yang memadai yang mereka miliki, pencarian panjang anda akan supplier percetakan yang sesuai akhirnya menemukan titik terang.

RECENT POSTS

ARCHIVE