PEMILIHAN WARNA BOX PACKAGING / KEMASAN BAGI SEBUAH PRODUK / MERK

Box packaging / kemasan merupakan salah satu elemen penting dari sebuah produk. Bukan hanya dari segi fungsi, box packaging / kemasan biasa dibuat dengan memperhatikan segi design juga karena menurut penelitian design dari packaging sebuah produk juga menentukan keputusan pembelian konsumen.

Pemilihan warna kemasan untuk box packaging merupakan salah satu tahap yang penting dalam proses pengembangannya. Pemilihan warna akan mewakilkan image yang ingin disampaikan dari sebuah merk. Berikut beberapa jenis warna yang digunakan oleh beberapa merk ternama dunia bagi kemasan produk mereka.

1. Warna Recycled / Alami

Design box packaging yang simple menggunakan bahan dasar corrugated / cetak warna coklat cukup banyak diminati saat ini karena warna tersebut dianggap mewakilkan kesan "recycled" dan vintage. Design box / kemasan berwarna coklat tersebut dengan printing satu warna / monochrome memberikan kesan exclusive dan clean dari produk itu sendiri. Merk yang didapati menggunakan tipe kemasan seperti ini kebanyakan merupakan merk produk kosmetik dan personal care.

Le Labo

Merk parfum dari New York ini memilih untuk menggunakan bahan corrugated coklat sebagai bahan dasar box packaging mereka dengan cetakan warna hitam logo. Ditambah dengan sticker keterangan dari produk mereka yang menambah kesan simple serta exclusive dari produk parfum premium yang mereka jual.

Aesop

Aesop merupakan merk personal care yang berasal dari Australia yang terkenal dengan penggunaan bahan alami sebagai bahan dasar produk mereka. Penggunaan box dengan cetakan warna coklat dan hitam digunakan untuk beberapa produk mereka untuk memperkuat kesan alami dari produk itu sendiri.

2. Warna Cerah

Tidak hanya design warna-warna basic yang dipilih sebagai warna dari kemasan, warna yang lebih bold / cerah juga dipakai oleh brand ternama yang lain. Penggunaan warna cerah seperti ini memberikan efek distinctive kepada brand itu sendiri. Beberapa brand dunia yang menggunakan design box seperti ini contohnya adalah Hermes dan Fendi.

Dengan menggunakan warna iconic Hermes yaitu orange, kita mungkin sudah bisa tahu sebuah box Hermes tanpa perlu melihat logo kecil yang tercetak di box tersebut begitu juga warna kuning dari Fendi.

.

3. Warna Black & White

Salah satu warna yang paling banyak digunakan adalah hitam & putih. Kedua warna ini diyakini memberikan kesan exclusive dan mewah bagi produk yang dikemas. Penggunaan warna ini juga bisa dibilang lebih mudah dalam proses produksinya karena untuk warna putih bisa menggunakan warna dari bahan dasar kertas yang digunakan sedangkan hitam bisa menggunakan tinta hitam biasa. Contoh brand yang menggunakan warna tersebut sebagai warna box packaging mereka adalah Saint Laurent dan Balenciaga.

Untuk anda yang sedang mengembangkan box packaging dari produk anda, semoga artikel ini dapat membantu dalam mengambil keputusan.

RECENT POSTS

ARCHIVE