BERAGAM PRODUK PERCETAKAN UNTUK KEPERLUAN BISNIS CAFE DAN RESTAURANT

Hampir dari setiap bisnis atau usaha yang kita jalankan membutuhkan produk percetakan untuk melengkapi kegiatan operasional / promosi dari usaha tersebut. Mulai dari brosur, surat jalan, kotak kemasan, dsb. Salah satu bidang usaha yang memerlukan beragam jenis produk percetakan adalah cafe dan restaurant.

Cafe dan restaurant pada dasarnya memang tempat untuk menyajikan makanan dan minuman bagi para pelanggannya tapi terlepas dari itu makanan dan minuman yang disajikan tidak akan sempurna tanpa elemen produk percetakan sebagai pelengkapnya. Berikut beberapa produk percetakan yang pada umumnya digunakan oleh cafe dan restaurant.

1. Brosur

Brosur merupakan salah satu mandatory printed item yang digunakan sebagai media promosi dari sebuah cafe atau restaurant. Di zaman yang serba digital sekarang ini, brosur tetaplah penting karena masih banyak orang yang memutuskan untuk makan di sebuah cafe atau restaurant karena promosi yang ada di dalam sebuah brosur yang mungkin dibagikan di dalam lokasi sekitar cafe atau restaurant itu berada. Sebagai contoh adanya promosi diskon menggunakan kartu kredit, beli 1 gratis 1, dsb.

2. Paper Bowl / Paper Tray / Paper Cup

Selain makan di tempat ada banyak pelanggan yang datang untuk membeli makanan dan dimakan di jalan atau di tempat lain. Hal ini menjadikan wadah yang digunakan untuk makanan tersebut penting untuk diperhatikan karena bukan hanya dari segi fungsional tapi wadah makanan yang digunakan tersebut haruslah mewakilkan identitas dari cafe atau restaurant itu sendiri. Dari segi fungsional, ada banyak jenis wadah makanan dan minuman yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan dari cafe atau restaurant. Misalnya untuk makanan yang berkuah sebaiknya menggunakan paper bowl sebagai wadahnya, untuk gorengan dan makanan kering lainnya menggunakan paper tray, dan untuk minuman menggunakan paper cup (silahkan dipilih paper cup untuk cold atau hot beverage).

3. Table Mat / Place Mat

Selain brosur biasanya sebuah cafe atau restaurant menggunakan table mat/ tray mat sebagai media promosi. Karena ketika pelanggan datang mereka akan secara otomatis melihat dan membaca apa yang ada di hadapan meja atau tray mereka misalnya promos diskon, menu makanan terbaru, deretan menu makanan favorite, dsb. Penggunaan table mat / place mat ini sebenarnya menguntungkan karena selain sebagai media promosi, produk percetakan ini juga dapat mempermudah pembersihan tray atau meja yang sudah selesai digunakan.

4. Menu Book

Bisa dibilang ini merupakan salah satu produk percetakan yang terpenting yang wajib dimiliki setiap cafe atau restaurant, tidak lain tidak bukan adalah buku menu. Buku menu merupakan hal yang sangat penting karena bagaimana design dari buku menu tersebut dan penampilannya akan sangat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Beberapa pelanggan akan memilih makanan dan minuman berdasarkan foto yang ada di dalam buku menu, selain itu ada juga yang akan langsung terbentuk pandangannya terhadap suatu cafe atau restaurant berdasarkan kualitas buku menu yang diberikan. Jadi lebih baik buku menu dipersiapkan dengan baik dan matang.

5. Paper Bag / Plastic Bag

Untuk makanan dan minuman yang dibeli untuk dimakan diluar restaurant selain menggunakan wadah masing-masing, wadah lain berupa paper bag / plastik juga diperlukan agar semua makanan dan minuman yang dibeli dapat dibawa secara bersamaan. Paper bag merupakan salah satu pilihan dari banyak cafe atau restaurant karena kesan exclusive yang diberikan, sedangkan tidak sedikit juga yang memilih untuk menggunakan plastic bag karena segi ekonomis dan ketahanan plastic bag terhadap lembab.

6. Box Sleeve

Untuk makanan yang porsinya cukup banyak dan tidak bisa dibungkus menggunakan paper bowl atau paper tray biasanya akan dibungkus menggunakan kotak plastik. Penggunaan kotak plastik ini dimaksudkan agar jumlah makanan yang ditampung lebih banyak dan kotak plastik itu sendiri lebih durable karena sifatnya yang anti air dan beberapa juga anti panas. Pemberian logo / design printing pada kotak plastik tersebut memang mungkin untuk dilakukan tetapi karena media yang digunakan adalah plastik, otomatis akan ada keterbatasan cetak. Salah satu produk percetakan yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menambahkan sleeve di sekeliling kotak plastik tersebut. Penambahan sleeve ini memberikan kesan exclusive, personalized, dan juga memberikan identitas cafe atau restaurant pada kotak plastik polos yang digiunakan.

7. Chopstick / Spoon Sleeve

Selain makanan dan minuman yang disajikan, penggunaan chopstick / spoon sleeve juga akan memberikan kesan exclusive dari cafe atau restaurant. Selain memberikan efek exclusive, penggunaan sleeve juga memberikan rasa percaya kepada pelanggan atas kebersihan dari cafe atau restaurant tersebut karena alat makan menjadi terlindungi dari debu dan kotoran lain setelah dibungkus oleh sleeve.

Tujuh produk di atas merupakan produk-produk yang secara umum digunakan di banyak tempat. Tidak menutup kemungkinan ada banyak produk percetakan lain yang diperlukan, jangan sungkan untuk berdiskusi langsung dengan Sungrafika untuk kebutuhan produk percetakan bagi cafe atau restaurant anda.

RECENT POSTS

ARCHIVE