TIPS PRODUKSI KALENDER MEJA DI AKHIR TAHUN

Kalender merupakan salah satu item yang banyak digunakan di berbagai tempat. Karena fungsi nya yang esensial yaitu untuk melihat tanggal, bulan, dan tahun maka tidak hanya di ruang perkantoran tetapi di tempat lain seperti sekolah, rumah sakit, rumah pribadi, dan tempat umum lainnya juga meletakan kalender dinding ataupun kalender meja di salah satu sudut ruangannya.

Kalender meja khususnya untuk orang-orang yang bekerja khususnya di ruangan kantor sangatlah penting karena begitu banyak jadwal yang harus mereka atur dan pengaturan jadwal tersebut hanya bisa maksimal dengan bantuan dari kalender meja tersebut.

Sekarang bagaimana kalau anda merupakan pihak yang ingin melakukan promosi kepada usaha atau merk anda dan berencana memberikan kalender meja sebagai hadiah akhir tahun kepada langganan atau rekan bisnis lainnya ? Berikut beberapa tips yang bisa bermanfaat sebelum memutuskan untuk membuat kalender meja perusahaan anda.

1. Tentukan Budget

Tahap paling awal yang perlu dilakukan adalah menentukan berapa perkiraan total budget yang ingin dipergunakan untuk kalender ini. Penentuan budget ini akan sangat membantu untuk mempercepat proses produksi sehingga kalender bisa dibagikan tepat waktu biasanya sekitar 1-2 bulan sampai akhir tahun tiba.

2. Tentukan Spesifikasi

Setelah tahu jumlah budget yang siap untuk dikeluarkan, saatnya menentukan spesifikasi dari kalender tersebut. Mungkin penentuan spesifikasi akan sedikit sulit bagi anda yang awam jadi perkirakan saja spesifikasi berdasarkan spesifikasi dari produksi sebelumnya ataupun yang secara umum digunakan yang sesuai dengan budget yang sudah ditentukan. Kalau memang terlalu menyulitkan, tidak ada salahnya melibatkan pihak percetakan dari tahap ini karena mereka lebih paham soal spesifikasi dibanding anda. Pihak percetakan pun pasti akan dengan senang hati membantu.

3. Persiapkan Design

Sambil menentukan spesifikasi dan budget sebenarnya design kalender sudah bisa dipersiapkan terlebih dahulu. Konten, gambar, dan informasi apa saja yang ingin disajikan di dalam kalender tersebut. Tahap pengembangan design ini bisa dilakukan dengan melibatkan designer internal perusahaan, designer freelance, design agency, atau bahkan pihak percetakan karena terkadang mereka bisa juga memberikan one stop solution produksi kalender yaitu design dan produksinya sekaligus.

4. Pilih Vendor Percetakan

Seperti yang sudah dibahas di atas, sebenarnya vendor percetakan sudah bisa dipilih dari awal proses karena pihak percetakan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan anda mengenai produksi kalender secara lengkap, jadi anda tidak perlu bingung sendiri bukan ?;p. Kalau memang kebetulan anda bisa menentukan tahap 1-3 sendiri, maka pihak percetakan bisa langsung membuat kalkulasi produksi berdasarkan informasi lengkap dari anda.

Disarankan produksi kalender ini sudah dimulai 3-4 bulan sebelum kalender tersebut akan dibagikan karena biasanya load produksi percetakan akan cukup padat mendekati akhir tahun jadi kalau sudah dari jauh hari dipersiapkan, pada akhir tahun anda tidak perlu 'kelabakan' untuk mengejar waktu pembagian. Sungrafika

5. Bagikan

Setelah produksi kalender rampung, saatnya membagikan kalender tersebut kepada pihak yang dituju entah akan diberikan secara cuma-cuma atau mungkin akan diberikan bersamaan dengan pembelian (gift with purchase). Untuk anda yang akan membagikan kalender di luar daerah anda berada, pihak percetakan juga bisa membantu mengalokasikan kalender tersebut berdasarkan jumlah dari masing-masing daerah dan kemudian ekspedisi anda hanya tinggal menjemput kalender tersebut di gudang percetakan untuk disebarkan ke daerah tujuan masing-masing.

RECENT POSTS

ARCHIVE