PRODUKSI KALENDER 2019 MENJELANG AKHIR TAHUN 2018


Menjelang akhir tahun, load produksi percetakan kalender dan agenda biasanya akan meningkat secara tajam. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan yang seragam dari setiap perusahaan terhadap kedua barang ini.

Untuk menyiasati waktu agar tidak terlalu mepet karena berbarengan dengan yang lain, biasanya beberapa perusahaan sudah mulai memproduksi kalender dan agenda jauh-jauh hari bahkan dari 6 bulan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar persiapan bisa lebih rapih dan barang bisa dibagikan ataupun dijual tepat pada waktunya.

Keputusan untuk memproduksi kalender dan agenda jauh-jauh hari memang ada keuntungan dan kerugiannya sendiri. Keuntungannya sudah pasti hasil produksi bisa selesai tepat waktu dan sesuai dengan hype nya. Untuk kekurangannya sendiri biasa selalu pada tanggal hari libur nasional yang belum pasti sampai adanya surat keputusan bersama dari pemerintah. Seperti tahun 2018 ini surat keputusan bersama yang diterbitkan menjelang akhir tahun cukup membuat produksi kalender 2019 'kalang kabut'.

Walaupun begitu, beberapa perusahaan tetap melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum surat keputusan bersama terbit dibanding menunggu SKB tetapi hasil produksi tidak sesuai dengan yang diharapkan. "Lebih baik ada perbedaan tanggal sedikit Pak daripada saya pusing harus dikejar-kejar nanti" ujar seorang PIC dari suatu perusahaan di Jakarta.

RECENT POSTS

ARCHIVE