TAHAPAN DALAM PERCETAKAN DAN MANFAAT MENGGUNAKAN JASA PERCETAKAN

Percetakan merupakan industri untuk menghasilkan tulisan atau gambar secara massal menggunakan teknologi mesin cetak. Prosesnya tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang melainkan dibutuhkan keahlian khusus dalam menggunakan media percetakan.

Proses percetakan hanya membutuhkan waktu yang tidak alam bahkan dapat selesai hanya dalam hitungan menit untuk hasil cetakan yang banyak atau besar. Contohnya brosur, poster, majalah, buku, surat kabar, undangan, kalender meja atau dinding, perangko, dan masih banyak lagi.

Selain sebagai industri bisnis yang menjanjikan, percetakan sebenarnya juga sangat bermanfaat untuk perkantoran, sekolah, instansi pemerintahan, atau perorangan yang memerlukan banyak salinan buku atau dokumen lainnya.

Tahapan dalam percetakan

Percetakan terdiri dari empat tahap yaitu:

1. Typesetting

Typesetting adalah tahap menyesuaikan warna dan corak yang ada pada gambar dan tulisan yang akan dicetak. Tahap typesetting dibantu dengan menggunakan komputer. Tahap dalam typesetting disebut juga dengan digital printing.

2. Image assembly

Image assembly adalah proses pengaturan gambar yang ingin dicetak

3. Platemaking

Platemaking adalah tahap membuat plat pada gambar yang ingin dicetak sehingga dapat sesuai dengan yang ingin ditampilkan dan memperoleh hasil yang bagus.

4. Printing presses

Printing presses adalah tahap mencetak gambar pada platemaking.

5. Penjilidan

Tahap yang terakhir adalah penjilidan. Pihak percetakan akan menyatukan hasil cetakan sesuai kelompoknya masing-masing.

Manfaat adanya jasa percetakan Jika dibandingkan dengan mencetak sendiri, tentu saja percetakan dapat membantu Anda dalam menghemat dana. Karena biasanya percetakan besar akan memberikan diskon atau potongan harga yang besar pula pada hasil cetakan yang berjumlah banyak. Berikut adalah manfaat percetakan antara lain:

  1. Menyalin dokumen yang banyak secara cepat karena percetakan memiliki mesin-mesin yang canggih yaitu teknik digital printing. Jasa percetakan juga bisanya mempekerjakan karyawan yang banyak, cekatan, dan dapat bekerja dengan baik, sehingga menghasilkan hasil cetakan yang cepat dan berkualitas.

  2. Penyedia jasa percetakan terdiri dari orang-orang yang profesional dan ahli di bidang digital printing. Selain itu berbagai peralatan yang digunakan tentu merupakan mesin dengan teknologi yang mutakhir dan terkini. Sehingga setiap produk yang akan dicetak akan diperiksa terlebih dahulu dan Anda juga akan mendapatkan saran yang terbaik.

  3. Menggunakan jasa percetakan akan membantu Anda untuk tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Karena jika Anda melakukannya sendiri Anda pasti membutuhkan adanya tinta, printer, listrik, kertas, dan operasional lainnya.

Dalam memilih jasa percetakan sebaiknya pilihlah yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal Anda, namun harus yang profesional dan berkualitas. selain itu Anda juga harus memperhatikan kualitas gambar atau tulisan yang dihasilkan. Anda juga bisa melakukan review tentang percetakan yang berkualitas dari para penggunanya.

RECENT POSTS

ARCHIVE