CETAK KALENDER DINDING DAN KALENDER MEJA BERKUALITAS

Cetak kalender menjadi alat penting dalam peradaban manusia. Anda bisa mengingat sebuah kejadian, bahkan sejarah yang telah lampau dari adanya kalender. Kalender memudahkan berbagai penelusuran dari kejadian yang telah berlalu, baik kejadian dalam bentuk foto/gambar ataupun kejadian yang terekam dalam bentuk video.

Di seluruh belahan dunia, terdapat 2 sistem kalender yang dikenal cukup luas yaitu kalender Masehi dan kalender Hijriyah (kalender Islam). Kalender masehi awalnya merupakan kalender yang dimiliki oleh Bangsa Romawi dan sering disebut dengan kalender Julian.

Kalender Julian ini kemudian disempurnakan dan menjadi Gregorian. Kalender Gregorian ini ditetapkan oleh Paus Gregorius XIII di tahun 1582. Kalender Gregorian merupakan kalender masehi yang dihasilkan dari koreksi kalender Julian yang sudah berlaku sejak tahun 47 SM. Perbedaannya hanya pada peraturan tahun kabisatnya saja.

Sistem kedua yang juga tidak kalah terkenalnya adalah sistem kalender Hijriah atau dikenal dengan kalender umat Islam. Kalender ini memang digunakan oleh umat Islam untuk menentukan tanggal hingga bulan pelaksanaan beberapa ibadah / hari-hari penting dalam agama Islam.

Kenapa dinamakan kalender Hijriah? Karena pada tahun pertama kalender tersebut merupakan tahun dimana Nabi Muhammad hijrah dari Makkah ke kota Madinah yakni di tahun 622 M. Kalender ini menggunakan acuan peredaran bulan.

Kedua kalender tersebut umum kita gunakan di Indonesia, dimana keduanya tertulis di dalam satu kalender. Lalu apa saja fungsi cetak kalender tersebut? Berikut penjelasannya.

Fungsi Kalender

Cetak kalender memiliki 2 fungsi umum, yang pertama tentunya sebagai penanda waktu per hari nya. Memudahkan kita dalam menentukan kejadian, memudahkan kita mempelajari sejarah, mengetahui usia dan semacamnya.

Kedua, kalender juga umum dijadikan sebagai media promosi. Tidak sedikit perusahaan atau pelaku bisnis yang menjadikan kalender sebagai alat promosi. Banyak pelaku bisnis yang setiap tahunnya mencetak kalender dan digunakan sebagai merchandise khusus bagi pelanggan atau konsumennya.

Jenis Kalender

Kalender dibagi menjadi dua macam, yakni kalender dinding dan kalender meja. Kalender dinding umumnya berukuran besar, dibuat dengan tambahan gambar atau desain menarik. Kalender dinding, seperti namanya, akan diletakkan atau digantungkan pada dinding rumah, tempat kerja dan bangunan lainnya.

Sedangkan kalender meja atau disebut juga kalender duduk adalah jenis kalender dengan ukuran yang lebih kecil. Meskipun berukuran kecil, namun dari segi harga kalender ini jauh lebih mahal. Hal ini dikarenakan bahan pembuatnya jauh lebih mahal dibandingkan dengan kalender dinding. Untuk membuatnya dapat duduk digunakan hardcover serta bahan spiral.

Untuk membuat atau mencetak kalender dinding atau kalender meja, Anda bisa menghubungi perusahaan percetakan yang menyediakan jasa pembuatan kalender. Segera pilih desain yang Anda inginkan dan buat pesanan.

Demikian beberapa informasi mengenai cetak kalender, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

RECENT POSTS

ARCHIVE