APA ITU PERCETAKAN OFFSET DAN KEUNGGULANNYA


Offset printing adalah salah satu dari berbagai teknik cetak yang banyak dipilih oleh masyarakat, terutama oleh perusahaan dan organisasi. Hal ini memang dikarenakan adanya berbagai keunggulan yang dimiliki oleh offset printing itu sendiri. Terlebih, saat ini Anda juga dapat menemukan banyak percetakan yang menawarkan jasa ini.

Mengenal Offset Printing

Lantas, apa itu offset printing? Offset printing merupakan teknik mencetak yang mempergunakan sebuah media gambar terlebih dahulu, sebelum ditransfer ke sebuah plat dengan bentuk lembaran karet. Ketika klien memberikan file yang akan dicetak, baik itu untuk brosur maupun kalender meja misalnya, pihak jasa offset printing akan membuat gambar terlebih dahulu sebagai sebuah film. Kemudian, gambar tersebut ditransfer ke plat karet tersebut sebelum akhirnya dicetak menggunakan tinta basah sesuai jumlah pesanan.

Dalam proses offset printing, ada proses yang disebut dengan litografi. Proses tersebut memanfaatkan sifat air yang tidak bisa bercampur dengan minyak – bagian yang dicetak akan “menyedot” tinta dari penggulung tinta, dan bagian yang tidak dicetak akan “menarik” air supaya tidak ada tinta menempel. Begitu proses cetak selesai, proses pengeringan pun dilakukan.

Keunggulan Offset Printing

1. Ukuran kertas tidak terbatas.

Dengan ukuran kertas yang seolah tanpa batas, Anda pun bisa memesan cetakan untuk berbagai jenis barang dalam berbagai ukuran yang Anda inginkan. Hal ini bisa dibilang menjadi keunggulan utama dari jasa offset printing.

2. Detail cetakan yang optimal.

Ketika Anda memasukkan pesanan, pastinya Anda telah memiliki desain yang akan dicetak pada media tertentu, seperti kertas. Nah, salah satu keunggulan dari offset printing adalah beragam detail desain bisa dioptimalkan. Misalnya, Anda bisa dapatkan efek garis tipis, gradasi warna, sampai teks berukuran kecil yang tercetak dengan baik dan jelas. Akurasi inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari offset printing.

3. Hasil cetak yang tahan lama.

Pastinya, Anda ingin agar cetakan yang dibuat tidak mudah hilang atau pudar dan bisa bertahan dalam waktu lama, bukan? Dengan offset printing, hal tersebut sama sekali tidak mustahil. Justru, hasil cetak akan terjaga keindahannya, bahkan dalam jangka panjang sekalipun. Salah satu alasannya adalah kualitas hasil cetakan yang memang tidak mudah pudar.

4. Jenis kertas untuk cetak yang tak terbatas.

Bukan hanya ukuran kertas saja yang tak ada batasnya, jenis kertasnya sendiri pun juga sangat bervariasi. Jadi, Anda jelas bisa mendapatkan hasil cetakan yang 100% berkualitas dan tahan lama, terlepas dari apa jenis media kertas yang digunakan maupun berapa ketebalannya.

5. Biaya lebih terjangkau untuk mencetak dalam skala besar.

Memang offset printing sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencetak dalam jumlah besar. Sebab, dengan begitu biaya platnya pun akan jadi relatif lebih terjangkau. Karena itu, tak heran jika banyak organisasi atau perusahaan yang memilih untuk memanfaatkan jasa offset printing ini.

RECENT POSTS

ARCHIVE