Calendar as a Marketing Tool


Kalender merupakan salah satu alat marketing yang efektif karena peletakan kalender yang sangat strategis yaitu di meja kerja atau di dinding yang setiap hari digunakan dan dilewati. Hal ini membuat penggunaan kalender sangatlah diminati karena tidak hanya indah secara visual tapi juga fungsional.


Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan produksi kalender:


Gambar Yang Digunakan

Gambar/foto/visual yang digunakan di kalender anda berpengaruh terhadap efektifitas dari penggunaan kalender sebagai alat marketing. Penggunaan foto produk dari perusahaan anda dapat dijadikan pilihan jika ingin memperkuat ingatan customer terhadap produk tetapi dengan penggunaan gambar produk ini membuat kalender anda terkesan "hard selling".


Berbeda dengan penggunaan gambar yang tidak berhubungan langsung dengan produk yang anda jual membuat kesan dari kalender tersebut menjadi "soft selling".


Logo Perusahaan

Tujuan pembuatan kalender sebagai alat marketing sudah pasti untuk memasarkan perusahaan anda kepada customer. Hal ini dapat dilakukan dengan pemberian logo pada kalender yang dibuat.


Peletakan logo bervariasi, ada yang meletakan logo hanya di halaman pertama kalender dan ada juga yang di setiap halaman. Untuk anda yang memiliki produk signature, peletakan logo hanya di halaman pertama merupakan pilihan yang tepat agar customer anda mengingat anda tidak hanya dari logo tapi dari produk yang anda jual.


Tipe Kalender

Pada umumnya ada dua jenis tipe kalender yang biasa diproduksi yaitu kalender dinding dan kalender meja. Untuk anda yang banyak memiliki customer corporate, penggunaan kalender meja merupakan pilihan yang lebih tepat karena diasumsikan customer corporate banyak menghabiskan waktu mereka di meja kerja sehingga akan lebih sering melihat kalender meja dibanding kalender dinding.


Kalau anda banyak memiliki customer retail, penggunaan kalender dinding merupakan pilihan yang tepat karena diasumsikan kalender akan diletakan di dinding rumah sehingga akan lebih sering dilihat dibanding dengan kalender meja.


Beberapa tips di atas dapat anda jadikan panduan dalam pembuatan kalender 2021 anda. Hubungi kami untuk informasi yang lebih lanjut.

RECENT POSTS

ARCHIVE