Kualitas vs Kuantitas dalam Percetakan



Usaha bisnis percetakan di Indonesia semakin berkembang setiap tahunnya. Berbagai percetakan terus berinovasi membuat bermacam produk dan jasa yang dibutuhkan oleh client-nya. Kepuasan atau loyalitas pelanggan menjadi peran penting dalam keberhasilan dari usaha tersebut.


Terutama saat pandemi Covid yang 2 tahun terakhir melanda dunia, tak terkecuali Indonesia. Keberadaannya kemudian mengubah tata cara dan kehidupan masyarakat. Kebijakan pemerintah mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akhirnya membatasi ruang gerak, aktivitas, dan interaksi antar orang pada pekerjaan di kantor, dunia bisnis, dan masyarakat. Gaya hidup “work from home”, “stay home”, dan “distancing” membuat masyarakat kemudian mencari cara agar keperluan mereka terpenuhi.


Pada dunia percetakan, pengaruh covid sangat berdampak terhadap kebutuhan masyarakat untuk mencetak atau membuat suatu barang. Oleh karena itu, salah satu variabel penting dan utama dalam bisnis tersebut yaitu loyalitas dari pelanggan yang ada terhadap barang dan layanan toko.


Pada binis percetakan, review dari pelanggan maupun konsumen lama memiliki kekuatan ganda. Masyarakat memilih toko percetakan biasanya berdasar kualitas dari produk yang dihasilkan. Semisal, konsumen mencetak banner yang digunakan untuk toko makanannya, pastinya konsumen akan mencari percetakan yang sudah mereka kenal dan memiliki kualitas yang terbaik diantara percetakan-percetakan lainnya.


Dengan kata lain, konsumen akan menghadapi begitu banyak ragam pilihan percetakan, kualitas, harga, dan pelayanan. Bagaimana mereka akan menentukan pilihannya? Biasanya konsumen akan memperkirakan tawaran mana yang memberikan nilai paling maksimal, kemudian membentuk harapan mengenai nilai tersebut, dan baru melakukan action.


Kemampuan percetakan dalam memenuhi harapan konsumen akan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen serta dalam melakukan repeat order.


Omongan dari mulut ke mulut juga menjadi salah satu faktor konsumen mendatangi suatu percetakan. Kualitas akan menjadi pertanyaan utama dari mereka, selain itu juga pertanyaan seputar harga, kecepatan, dan kedekatan lokasi menjadi faktor pendukung lainnya.


Keberadaan konsumen lama atau konsumen loyal pada suatu perusahaan, akan menjadi magnet yang menarik konsumen baru untuk mencoba di percetakan yang direkomendasikan. Oleh karena itu, percetakan wajib memberikan kualitas terbaik dalam setiap produk atau jasa yang mereka berikan terhadap konsumen, karena itu nantinya akan menjadi nilai jual yang baik untuk kedepannya.




RECENT POSTS

ARCHIVE