DEFINISI OFFSET PRINTING JAKARTA DAN 5 KELEBIHANNYA

Offset printing Jakarta merupakan salah satu jenis teknik cetak yang sering dipilih oleh masyarakat pada saat ingin mencetak. Jenis cetak ini juga semakin meramaikan bisnis dunia percetakan. Banyak perusahaan cetak yang kemudian bermunculan dan bersaing mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Nah, jika Anda termasuk konsumen yang ingin mencetak dengan teknik offset printing, ada baiknya baca penjelasan tentang apa itu offset printing dan apa saja kelebihannya.

# Apa Itu Offset Printing?

Offset printing merupakan teknik mencetak yang menggunakan media gambar sebelum akhirnya ditransfer ke plat yang berbentuk lembaran karet. Dengan kata lain, pada saat konsumen memberikan file untuk dicetak, pihak percetakan akan membuat gambarnya terlebih dahulu (film), kemudian ditransfer ke sebuah plat karet, baru kemudian dicetak dalam jumlah sesuai pesanan dengan menggunakan tinta basah.

Pada proses pencetakan ini, terjadi proses litografi, yaitu proses yang didasarkan pada sifat minyak dan air yang tidak bisa bercampur. Pada bagian yang dicetak akan mengambil tinta dari penggulung tinta, sedangkan bagian yang tidak dicetak akan menarik air sehingga bebas dari tinta. Setelah proses pencetakan dilakukan, kemudian dilakukan proses pengeringan.

# 5 Kelebihan Offset Printing

Pada saat Anda menggunakan teknik cetak ini, paling tidak ada enam kelebihan yang akan Anda nikmati, yaitu:

1. Anda dapat mencetak dalam jumlah besar, bahkan puluhan ribu lembar sekalipun.

2. Harga yang ditawarkan sangat murah, terlebih jika semakin banyak jumlah yang Anda cetak.

3. Karena dicetak dari plat karet, cetakan yang dihasilkan untuk setiap lembarnya pun mempunyai kualitas warna yang sama. Tidak seperti teknik lain, yang terkadang warna menjadi sedikit pudar setelah beberapa kali cetakan.

4. Anda bisa mencetak dengan kertas ukuran besar dan tebal.

5. Tidak hanya warna dasar (CMYK), Anda juga bisa memesan warna-warna khusus seperti emas, perak, dan stabilo dengan teknik cetak ini.

# Kelemahan Offset Printing

Di balik kelebihan di atas, teknik cetak ini juga tidak luput dari kelemahan. Salah satu kelemahan yang sangat menonjol adalah waktu pencetakan yang relatif lebih lama karena terdapat proses pembuatan film, plat, penyetelan tinta, dan juga proses pengeringan. Jadi, jika Anda ingin mencetak dengan teknik ini, pastikan Anda mempunyai tenggang deadline yang panjang. Selain itu, teknik ini juga dianggap tidak ramah lingkungan, karena pada saat proses penyetelan tinta, akan ada banyak sampah kertas yang dihasilkan.

Itulah definisi dari offset printing, sekaligus beberapa kelebihan dan kelemahannya yang perlu Anda ketahui. Namun, apa pun kelemahan yang dimiliki dari teknik cetak ini, secara fakta, saat ini banyak percetakan murah yang lebih cenderung menggunakan teknik cetak ini karena banyak peminatnya.

RECENT POSTS

ARCHIVE